8 Suggestions Mendesain Ruang Kerja Hari Ini untuk Generasi Milenial

8 Suggestions Mendesain Ruang Kerja Hari Ini untuk Generasi Milenial

Bekerja sekarang tidak harus ke kantor. Seiring dengan perkembangan teknologi, bekerja di rumah menjadi pilihan bagi beberapa profesi seperti arsitek, penulis, ibu rumah tangga, YouTuber dan lain sebagainya.

Bekerja di rumah sebagai pekerjaan utama atau paruh waktu sepertinya sudah menjadi tren bagi kaum milenial yang ingin bekerja dengan kreativitasnya sendiri. Namun perlu diingat, ruang kerja memiliki pengaruh yang kuat terhadap orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Penataan ruang kerja yang harmonis akan memberikan keseimbangan emosi, sehingga aktivitas dapat berjalan dengan lancar. Keharmonisan ruang kerja sebenarnya mengedepankan penataan yang memberikan kenyamanan dan fungsi visible, yang pada akhirnya dapat memberikan temper atau energi yang lebih baik untuk bekerja.

Berikut beberapa suggestions desain ruang kerja yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat bekerja di rumah lebih semangat dan nyaman.

1. Desain ruang kerja multifungsi.

  desain ruang kerja minimalis

Jika lahan untuk rumah terbatas, biasanya ruang kerja dibuat menjadi ruangan lain atau multifungsi. Dengan begitu, konfigurasi ruangan menjadi kompak secara keseluruhan. Yang perlu diperhatikan adalah pembedaan zona antar ruang. Untuk membedakan space kerja mana, partisi atau sekat imajiner dapat ditempatkan, seperti permadani atau pola lantai . Baca: 80 Desain Ruang Kerja Pribadi yang Nyaman di Rumah.

Tentu Anda bisa membuat ruang kerja sendiri atau menyatu dengan ruangan lain. Sebagian besar ruang kerja disatukan dengan kamar tidur untuk membuat aktivitas menjadi lebih privat dan nyaman. Jika luas ruangan tidak memungkinkan, Anda bisa mengosongkan space kerja di ruang rumah Anda, seperti sudut ruangan, space di bawah tangga dan sebagainya.

2. Penyimpanan terorganisir .

  Desain ruang kerja minimalis

Biasanya penyimpanan tidak hanya terdapat pada meja kerja, tetapi dapat dihadirkan dengan memanfaatkan berbagai lekukan pada dinding yang kosong, sehingga menghasilkan ruang yang efektif dan efisien. Ruang kerja akan terlihat rapi jika penyimpanan dilengkapi dengan lemari tertutup. Sedangkan untuk buku pajangan gunakan kaca transparan, namun jika ingin terlihat minimalis gunakan kaca buram.

Kalaupun tidak butuh rak, karena karya Anda bukan penulis yang membutuhkan banyak referensi buku, tetap melengkapi penyimpanan juga oke. Anda bisa meletakkan beberapa dekorasi pada rak tersebut agar ruang kerja terlihat cantik dan elegan.

3. Mengakomodasi perkembangan teknologi.

  desain ruang kerja minimalis

Penggunaan alat elektronik kini semakin meningkat, apalagi dengan adanya perkembangan teknologi yang memudahkan bekerja dari rumah, seperti menjual secara on-line jasa on-line dan semua mereka. serba bisa on-line . Peralatan elektronik tentunya dapat menunjang aktivitas kerja, baik itu di kantor maupun di rumah.

Perangkat elektronik seperti komputer, printer, scanner adalah fasilitas umum yang harus ada di ruang kerja. Untuk pekerjaan tertentu, seseorang membutuhkan kamera video dan lain sebagainya sesuai dengan jenis pekerjaannya. Untuk itu, usahakan untuk mendesain instalasi kelistrikan dengan tepat. Hindari menggantung gantungan kabel di langit-langit atau lantai agar ruang kerja Anda tetap rapi dan nyaman untuk dilihat.

4. Gunakan materials furnishings yang sesuai dengan gaya ruangan.

  desain ruang kerja minimalis

Furnitur biasanya terdiri dari satu set meja kerja dan tempat penyimpanan. Furnitur ruang kerja terdiri dari furnitur jadi dan furnitur adat . Anda bisa memilih furnitur sesuai dengan anggaran tetapi juga memperhatikan bahan pembuatannya, karena bahan untuk furnitur sangat beragam.

Materials steel dikenal paling awet, tidak mudah pecah dan tidak mudah dibelokkan. Kayu strong dikenal kuat dan memiliki pesona coretan kayu yang indah. Triplek dari rotan dan bambu yang memiliki kesan pure juga didesain secara trendy. Selain itu, materials plastik berupa fiber memiliki ciri ketahanan terhadap air, keawetan, dan perawatan yang mudah. Baca: Bekerja di Rumah ?, Pilih Gaya Ruang Kerja Favorit Anda

Untuk memilih bahan furnishings harus disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya serta sesuai dengan area yang ada. Jika anda mempunyai space kerja yang tentatif bisa digunakan kapan saja dibutuhkan, sebaiknya gunakan furnishings minimalis .

5. Lengkapi ruang kerja dengan aksesoris.

  Desain ruang kerja minimalis

Kehadiran aksesoris pada ruang kerja tidak hanya membuat ruangan homy dan private, tetapi juga dapat menyegarkan suasana, sehingga mencetuskan berbagai macam ide baru. Asesoris bisa fungsional atau dekoratif. Aksesoris fungsional bisa berupa barang-barang rumah tangga, namun harus memperhatikan nilai estetika, seperti lampu baca, kotak pulpen, dan lain sebagainya.

Asesori dekoratif adalah benda dekorasi yang memiliki nilai khusus di dalamnya, seperti benda seni (lukisan, pahatan, ukiran) atau barang koleksi (CD, mobil mainan, figur aksi, tanaman hias) beserta barang-barangnya. kualitas sendiri atau kenangan khusus. Kolektor tertentu biasanya menjadikan koleksinya sebagai aksesoris dekoratif.

6. Pastikan ventilasi dan pencahayaan yang memadai.

  Desain ruang kerja minimalis

Baik alami maupun buatan, ventilasi dan pencahayaan yang memadai harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan Anda di tempat kerja. Untuk ventilasi alami, ventilasi silang menjadi solusi andal untuk mengurangi kelembapan yang kerap menyebabkan kedinginan. Bukaan lebar harus ditempatkan di ketinggian tubuh manusia atau space kerja agar efektif.

Misalnya, posisi jendela dan ventilasi ditempatkan di bagian atas bidang dinding yang berbeda. Dengan demikian, udara panas akan mengalir ke atas. Perlu juga diperhatikan bahwa tata letak partisi dan furnitur dapat mengganggu aliran udara. Jika panas matahari mengganggu Anda, Anda bisa menambahkan tirai bambu di jendela atau menambahkan kanopi ke luar.

Selain pencahayaan alami melalui jendela, pencahayaan buatan dapat dilakukan dengan memasang lampu hias (lampu baca) maupun penerangan umum. Untuk penerangan, perhatikan warna dinding, ending dan tekstur permukaan ruangan, karena ketiga hal ini mempengaruhi reflektansi sumber pencahayaan yang diberikan.

7. Jaga selalu rapi dan bersih.

  Desain ruang kerja minimalis

Kerapian ruang kerja sangatlah penting, karena dapat memberikan energi tambahan pada ruangan. Bisa dibayangkan bagaimana jika ruang kerja berantakan, tentunya sangat sulit untuk mencari kembali pekerjaan yang telah dikerjakan sebelumnya dan seringkali suasana yang berantakan membuat keengganan untuk memulai pekerjaan baru.

Selalu merapikan dan membersihkan meja kerja setelah bekerja. Letakkan merchandise di tempatnya semula agar Anda tidak perlu bekerja dua kali saat mulai bekerja lagi. Memulai kerja dengan lingkungan yang bersih, rapi dan wangi pasti bikin kamu makin semangat bukan!

8. Menerapkan ergonomi pada ruang kerja

  desain ruang kerja minimalis

Hal ini jarang diperhatikan karena dengan dilengkapi furnishings menjadi ruang kerja. Entah duduk lama akan membuat Anda sakit punggung atau tidak. Nah Nah Ergonomi bukan hanya kelengkapan furnitur dan lain-lain tetapi juga menyangkut kenyamanan sehingga pekerjaan menjadi efektif dan efisien.

Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah dimensi ruang kerja yang mencakup semua alat yang digunakan saat bekerja. Letakkan peralatan kerja di tempat yang mudah dijangkau agar lebih mudah dalam bekerja. Ketinggian lapangan kerja juga dipengaruhi oleh ketinggian, penggunaan alat kerja dan perbedaan jenis pekerjaan. Untuk itu Anda harus melakukan pengukuran. Untuk ergonomi pada ruang kerja biasanya adalah posisi meja kerja, pemilihan kursi, pemilihan keyboard, mouse dan monitor, serta perlindungan terhadap kebisingan dan radiasi. Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek dan teknisi yang memahami ergonomi agar Anda dapat bekerja dengan nyaman, aman, dan dengan risiko yang minimal bagi tubuh.

Itulah beberapa suggestions penting yang bisa digunakan untuk mendesain atau mendekorasi ruang kerja. Agar aktivitas kerja Anda berlangsung dengan nyaman, diperlukan beberapa pertimbangan, meskipun ruang kerja tersebut digunakan dalam waktu yang singkat. Semoga artikel Suggestions Desain Ruang Kerja bermanfaat, selamat berkarya !.

Paduan Suara: Kusumowidagdo, Astrid. 2000. Ruang Kerja Praktis di Rumah. Jakarta: Penyebar Swadaya

http://www.rumahkuunik.com/2020/07/tips-desain-ruang-kerja.html